SIMULASI ANBK

Sep 10, 2022

Peserta didik SMA Islam As Sunnah Bageknyaka mengikuti simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Simulasi dilaksanakan di laboratorium komputer, Senin (22/8/22).

Proktor ANBK Fadhoil Lail, S.Kom mengatakan, sebanyak 50 siswa diaktivasi untuk mengikuti simulasi ini. Siswa dibagi dalam 1 sesi dengan 2 gelombang dan berlangsung selama 4 hari, 22 - 25 Agustus 2022).

"Dalam ANBK ini, para siswa diuji dengan materi Literasi, Numerasi, survey karakter dan survey lingkungan belajar" tuturnya.

ANBK 2022 ini mengemban misi sebagai bagian dari proses pemetaan mutu sistem pendidikan SMA Islam As Sunnah Bageknyaka yang lebih praktis dilakukan. ANBK merupakan pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dengan proses penilaian yang tertentu.

Secara spesifik melalui ANBK ini diukur tiga instrumen penilaian sebagai bagian dari evaluasi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan, diantaranya ;

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.
2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.
3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan. (Ysr/afr)